Rangkul Mahasiswa Indonesia di Thailand, KBRI Bangkok Adakan Diskusi Pada Peringatan Sumpah Pemuda Ke-92 Kali Ini

Pada hari Minggu, 01 November 2020, KBRI Bangkok bersama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) telah melakukan acara sarasehan dengan para mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Thailand yang bertemakan “Merajut Semangat Sumpah Pemuda ke-92 di Negeri Gajah Putih”. Kegiatan ini diinisiasi berkat dukungan penuh dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok (Atdikbud) kepada Permitha dalam memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92 kali ini dengan tujuan untuk membangkitkan kembali semangat para pemuda Indonesia dalam mengadapi tantangan global.

Para peserta yang hadir dalam acara kali ini

Bertempat di lingkungan KBRI Bangkok, acara ini dihadiri oleh sebanyak 66 orang mahasiswa asal Indonesia yang sedang berkuliah dari berbagai wilayah dan universtas yang ada di Thailand seperti Chulalongkorn University, Kasetsart University, Mahidol University, Thammasat University, King Mongkut University Technology Thonburi, Chulabhron Graduate Institute, NIDA Thailand, Bangkok University serta Khon Kaen University yang dimulai dari pukul 14.00 waktu Thailand. Disisi lain, acara ini juga dihadiri oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) RI yaitu Bapak Dicky Komar, Atdikbud yaitu Prof. Mustari, Koor. fungsi Pensosbud yaitu Ibu Nur Rokhmah Hidayah, Atase Polisi yaitu Bapak Leo Andi Gunawan, serta Atase Riset yaitu Bapak Masron Sinaga.

Sambutan dari KBRI Bangkok yg diwakili oleh Pak KUAI

Acara dimulai dengan dibukanya sambutan dari Bapak Dicky Komar selaku KUAI RI dan dilanjutkan dengan arahan dari Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok yang pada kesempatan kali ini, beliau menyampaikan tentang “Ruang dan peluang pemuda yang dapat diwujudkan melalui pengembangan self-skills”. Secara lebih lanjut beliau menjabarkan bahwa setiap kita adalah cerminan dari Negara kita maka dari itu kita harus mempunyai semangat bersama untuk saling mendukung satu sama lain, semangat mengedukasi melalui penerapan nilai-nilai pendidikan, semangat ketahanan serta kontribusi aktif mahasiswa sebagai pemuda Indonesia sebagai duta bangsa dan Negara.

Selanjutnya, arahan lain disampaikan oleh Ibu Nur Rokhmah Hidayah selaku Koor. fungsi Pensosbud KBRI Thailand, yang melanjutkan pemaparannya kepada mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand untuk lebih memanfaatkan peluang dan melihat tantangan pemuda saat ini dalam menghadapi industri 4.0. Secara lebih rinci, beliau memaparkan bahwa kesempatan itu dapat dimanfaatkan mahasiswa pada saat belajar di bangku universitas. Jika kita melihat Thailand sudah siap untuk menghadapi industri 4.0. Hal ini tentu saja didukungan oleh kemajuan industri dan juga peran sumber daya manusianya. Selanjutnya, beliau juga berharap bahwa mahasiswa yang mendapatkan kesempatan di negeri gajah putih ini bisa memanfaatkan ilmunya untuk Indonesia dalam membangun Negara dan SDM dengan memiliki kreativitas, skill, dan inovasi yang salah satuya dengan membantu untuk menuntaskan permasalahan pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan.

Foto bersama antara anggota Permitha dengan KBRI Bangkok

Kegiatan yang berlangsung dengan suasana yang sederhana dan kekeluargaan tersebut, mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari para mahasiswa yang hadir. Antusiasme mahasiswa pada saat acara diskusi dan interaksi dengan pihak KBRI Bangkok dapat terlihat interaktif. Selain itu, pada acara ini juga menghadirkan suasana Indonesia melalui penampilan nyanyian dan tarian tradisional tanah air serta penyajian makanan khas Indonesia. Sehingga dapat mengobati rasa rindu para mahasiswa yang belum bisa kembali ke tanah air ini (Ditulis oleh: Sekretaris Permitha 2020-2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *