PERMITHA Adakan Webinar Series, Singgung Urgensi Financial Management bagi Mahasiswa

Poster acara Webinar The Importance of Financial Management for Indonesian Students in Thailand.
(sumber: instagram @ppi.thailand)

BANGKOK, thailand.ppi.id – Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Permitha melaksanakan seri webinar untuk pertama kalinya pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 13.00 waktu Bangkok. Webinar ini bertajuk “PSDM Webinar Series #1: The Importance of Financial Management for Indonesian Students in Thailand”. Acara ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa Indonesia yang berada di Thailand dalam melakukan pengaturan dan kontrol keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi media pengenalan terhadap standar pola hidup dan kebutuhan hidup mahasiswa Indonesia di Thailand kepada para mahasiswa baru asal Indonesia yang akan memulai studinya di Thailand pada Agustus 2022.

Acara yang dimoderatori oleh Enra Riesti ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama membahas mengenai manajemen keuangan dan standar biaya hidup mahasiswa di Thailand yang disampaikan oleh Mochamad Solehudin atau yang lebih akrab disapa “Mang Soleh”. Mang Soleh merupakan mahasiswa program doktoral kimia di King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang (KMITL) yang juga telah menyelesaikan studi S2-nya dari Prince of Songkla University (PSU) di Thailand bagian selatan. “Kebutuhan biaya hidup di Bangkok dan luar Bangkok sangatlah berbeda terutama dalam hal biaya sewa apartemen”, tutur Mang Soleh. Walau demikian Mang Soleh juga menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa kita juga memiliki peluang untuk mendapatkan uang saku tambahan diluar dana beasiswa. Beberapa hal yang dapat dilakukan para mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan uang saku tambahan diantaranya adalah part time atau mengajar, menjadi tour guide untuk para wisatawan asal Indonesia, melakukan bisnis jastip (jasa titip) produk-produk Thailand ke Indonesia, ataupun dengan menjadi penyedia jasa tukar mata uang antara Baht dengan Rupiah.

Sesi kedua disampaikan oleh Raphael Wing Witjahyo atau Mas Wing yang merupakan seorang alumi program MBA dari Asian Institute of Technology (AIT) yang saat ini sudah menetap dan bekerja di Thailand sebagai Community Manager di Coinweb.io Thailand. Mas Wing menyampaikan materi terkait peluang bisnis dan invertasi yang dapat dilakukan para mahasiswa saat menempuh pendidikannya di Thailand. Selain itu, Mas Wing juga membagikan tips dan trik bagi para mahasiswa yang ingin memulai berinvestasi ataupun mendapatkan pekerjaan di Thailand setelah lulus nanti. Pria yang sangat memiliki hobby balap ini berpendapat bahwa investasi terutama digital investment merupakan hal yang sangat penting di era milenial seperti saat ini. “Namun perlu diingat bahwa dana yang boleh kita investasikan haruslah uang dingin yang tidak kita gunakan untuk kebutuhan harian”, ungkap Mas Wing memberikan tips pada Sobat Permitha. Mas Wing juga menambahkan bahwa Thailand merupakan negara yang sangat open pada para pekerja asing. Ada banyak peluang dan kesempatan untuk dapat berkarir di Thailand setelah lulus nanti, namun satu hal yang perlu menjadi catatan bagi Sahabat Permitha bahwa kita juga harus menyiapkan skill yang mumpuni dan memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang ingin kita tuju.

Webinar ini tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa Indonesia di Thailand saja, namun juga diminati oleh para Sobat Permitha yang ada di Indonesia. Tercatat ada beberapa mahasiswa asal Indonesia yang juga mengikuti acara webinar ini, diantaranya berasal dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Sulawesi Barat, dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Permitha berharap dengan adanya webinar ini dapat memberikan pemahaman kepada para Sahabat Permitha terkait pengaturan dan manajemen keuangan serta peluang-peluang yang kita miliki dalam mengembangkan bisnis, investasi, dan karir.

Rekaman Webinar “The Importance of Financial Management for Indonesian Students in Thailand” ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut https://youtu.be/XrxV91bJYq0

Penulis: Andika Wahyu Afrianto 
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.