Selenggarakan Talkshow Expo Beasiswa, PERMITHA Kolaborasi dengan HIMABIO UB

Poster acara Thailand’s Top Universities Scholarship Expo.
(sumber: dokumentasi pribadi)

BANGKOK, thailand.ppi.id – Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (ADVOKESMA) PERMITHA bersama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Brawijaya (HIMABIO UB) telah melaksanakan kegiatan Thailand’s Top Universities Scholarship Expo selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 04-06 November 2022. Kegiatan talkshow online yang mengusung tema “Let’s Go Thailand: Let’s Go Study in Thailand” ini merupakan wujud dari program kerja scholarship expo di departemen ADVOKESMA PERMITHA. Untuk pertama kalinya, PERMITHA bekerjasama dengan lembaga mahasiswa di Indonesia untuk mengadakan kegiatan berskala nasional dan mengundang para mahasiswa Indonesia S2 dan S3 penerima beasiswa di Thailand sebagai narasumber. Adapun narasumber tersebut berasal dari enam universitas populer di Thailand, antara lain Khon Kaen University, Mahidol University, King Mongkut’s University of Technology, Thammasat University, Suranaree Univerity of Technology dan Chulalongkorn University. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai perkuliahan dan beasiswa di universitas popular di Thaliand, mewadahi aspirasi para mahasiswa Indonesia yang membutuhkan informasi, serta meningkatkan inspirasi dan motivasi para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3 di Thailand.

Di hari pertama (04/11), kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan (Dwirainita Ramadhania), ketua HIMABIO UB (Nuraini Rosyadah), presiden PERMITHA (Azizuddin Muhammad Nashafi) dan dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk Kerajaan Thailand (Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng, Ph.D). Sebanyak empat mahasiswa Indonesia yang hadir sebagai narasumber pada hari pertama, yakni Andi Abrianto dari Khon Kaen University; Meulu Primananda, Kevin Muliawan dan Agil Bredly Musa dari Mahidol University. Pada hari kedua (05/11), enam mahasiswa Indonesia, yaitu Fachri Hamzah dan Ahmad Said dari King Mongkut’s University of Technology; Andika Wahyu Arifianto, M. Rendy Anwar dan Yusuf Arya dari Thammasat Universit. Sedangkan pada hari terakhir (06/11), departemen ADVOKESMA dan HIMABIO UB mengundang lima mahasiswa Indonesia, yakni Nurrahim Dwi Saputra dan Waheni Rizki Aprilia dari Suranaree University of Technology; Ifa Hafifah, Gregorius Nico Adi dan Mas Adam Lukman dari Chulalongkorn University. Kegiatan ini dipandu oleh para mahasiswa dari HIMABIO UB yakni Endah Paramita, Nisa Aufa dan Hebby Luxiova selaku Master of Ceremony serta Ardo Cahya, Achmad Hanif dan Rayhan Yugo selaku moderator.

Dokumentasi acara Thailand’s Top Universities Scholarship Expo.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Kegiatan ini berhasil menarik perhatian mahasiswa Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi S2 dan S3 ke Thailand. Alhasil, sebanyak 444 mahasiswa Indonesia dari berbagai provinsi mendaftarkan diri untuk hadir dalam webinar Thailand’s Top Universities Scholarship Expo ini. Acara ini berfokus pada topik informasi seputar universitas, jenis beasiswa, serta kehidupan mahasiswa pasca-sarjana di Thailand. Sebagai informasi tambahan, mahasiswa Indonesia di Thailand juga dapat bergabung dalam perhimpunan mahasiswa Indonesia di Thailand pada masing-masing kampusnya (PERMITHA Simpul).

Sobat PERMITHA yang belum berkesempatan hadir di kegiatan ini dapat melihat keseruan Thailand’s Top Universities Scholarship Expo melalui video rekaman yang telah diunggah di kanal Youtube resmi milik PERMITHA melalui tautan https://youtube.com/playlist?list=PLG9cPq_pBM18EyaQn0LGhH0N72P4qU99X

Day 1: Khon Kaen University & Mahidol University
Day 2: King Mongkut’s University of Technology & Thammasat University
Day 3: Suranaree Univerity of Technology & Chulalongkorn University

Jangan lupa nantikan lagi kegiatan kami selanjutnya!

Penulis: Dwirainita Ramadhania & Ahdiatma Ilafi Husna
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.