BERSAMA KOPHI SULSEL, PERMITHA AJAK GENERASI MUDA SADAR ENERGI

Poster acara Webinar Climate Change 2022.
(sumber: instagram @ppi.thailand)

BANGKOK, thailand.ppi.id – Departemen Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) PERMITHA bekerjasama dengan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sulawesi Selatan menyelenggarakan Webinar Climate Change 2022 pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2022. Webinar kali ini berjudul “Peran Generasi Muda dalam Mendukung Aksi Mitigasi Perubahan Iklim – Yang Muda, Yang Sadar Energi” dan dimoderatori langsung oleh Ketua Divisi Kastrat, Maulana Malik Nashrulloh, S.Si, Ph.D (Cand.). Webinar yang dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting ini menghadirkan narasumber dari berbagai institusi yakni dari Tokyo Institute of Technology (Tokyo-Tech), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan KOPHI.

Penyampaian materi pertama oleh Bapak Asst. Prof. Dr. Winarto Kurniawan dari Tokyo-Tech. Beliau menyampaikan tentang Gas Rumah Kaca (GRK) sebagai penyebab dari perubahan iklim yang berdampak pada pemanasan global dengan trend suhu bumi yang meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang teknologi yang digunakan saat ini dalam mengatasi pemanasan global seperti carbon capture storage dan carbon neutral fuel dalam menangani GRK.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Bapak Harris, S.T, M.T yang menyampaikan informasi terkait upaya-upaya pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060 melalui pengembangan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa dari total potensi EBT yang kita miliki baru 0.3% yang dimanfaatkan. Oleh karena itu beliau menyerukan kepada generasi muda untuk turut serta berinovasi mengembangkan potensi yang dimiliki seperti berpartisipasi dalam startup pengembangan bioenergi.

Dokumentasi acara Webinar Climate Change 2022, tanggal 30 Juli 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Galih Kartika Sari yang menjabat sebagai analis kebijakan muda Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim Badan Standarisasi Instrumen LHK, KLHK. Materinya menjelaskan tentang kebijakan mitigasi perubahan iklim sektor kehutanan. Dalam pemaparan ini disebutkan komitmen sektor kehutanan Indonesia menargetkan sektor FOLU (Forest and Other Land Use) Net Sink pada tahun 2030, yaitu kondisi untuk mencapai penurunan emisi GRK dari sektor kehutanan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tingkat emisi GRK sebesar -140 juta ton CO2e pada tahun 2030

Materi ditutup oleh Ibu Annisa, S.T selaku Dewan Pertimbangan Organisasi KOPHI Sulsel menyampaikan tips-tips kekinian mengenai gaya hidup hemat energi dalam menjaga lingkungan dan mengurangi perubahan iklim seperti memanfaatkan lampu hemat energi dan menggunakan transportasi umum. “Gaya hidupmu menentukan kualitas lingkungan tempatmu berpijak dihari ini dan seterusnya”, pesan Ibu Annisa.

Dengan terselenggaranya webinar ini, diharapkan dapat menghasilkan pemikiran yang solutif dan inovatif terkait permasalahan perubahan iklim dari sudut pandang penghematan energi. Selain itu, diharapkan ilmu pengetahuan serta wawasan yang diperoleh dapat menjadi motivasi dan juga dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Rekaman Webinar Climate Change 2022 “Peran Generasi Muda dalam Mendukung Aksi Mitigasi Perubahan Iklim – Yang Muda, Yang Sadar Energi” ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut  https://youtu.be/RhvlSPfr5jk

Penulis: Dirayanti
Editor: Maulana Malik Nashrulloh, Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.