PERMITHA Gelar Virtual Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H/2022 Bersama KBRI Bangkok

BANGKOK, thailand.ppi.id – PPI Thailand (PERMTIHA) mengadakan Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 melalui daring (zoom meeting). Acara yang bertajuk “Mengenal Keberagaman Suasana Ramadhan dan Lebaran di Thailand” ini dihadiri oleh Duta Besar, H.E. MR. Rachmat Budiman, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ir. Achmad Wicaksono, seluruh pejabat teras KBRI Bangkok, Ngajikhun, Ketua Simpul dan perwakilan kampus serta masyarakat Indonesia dari berbagai daerah di Thailand. Selain tradisi halal bihalal, acara ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahim, berbagi informasi seputar kegiatan ramadhan dan lebaran di berbagai daerah di Thailand yang memiliki keunikan serta ciri khas masing-masing.

Acara dipandu oleh Kak Achmad Syarifudin, Anggota Departemen PSDM PERMITHA dari Chulalongkorn University. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Presiden PERMITHA yakni Kak Azizuddin Muhammad Nashafi dan Bapak Rachmat Budiman sebagai Duta Besar RI di Kerajaan Thailand. Dalam sambutannya, Bapak Rachmat menyampaikan bahwa dengan terselenggaranya halal bihalal ini maka staff KBRI beserta segenap mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Thailand dapat saling menyapa dan menikmati momen tersebut.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, H.E. MR. Rachmat Budiman sedang memberikan sambutan acara.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Melalui platform zoom meeting ini, Bapak Rachmat juga menuturkan bahwa “Mari gunakan sosial media untuk berbagai kegiatan yang positif dan upayakan untuk menghindari pemanfaatan media sosial untuk hal-hal yang akan merusak ikatan silaturahim yang kita ingin selalu bina”. Kemajuan teknologi tentu menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi masyarakat secara luas, namun ada beberapa orang yang terkadang belum mampu memanfaatkan teknologi itu secara baik. Hal ini menjadi sorotan dan perhatian untuk kaum muda untuk bisa memanfaatkan teknologi dengan baik sehingga akan tercapai tujuan yang utuh dan maksimal dari teknologi tersebut.

Selanjutnya, sesi Bincang Santai Simpul yang diwakili oleh Kak Viny Alfiyah dari Simpul Chulalongkorn, Kak Khalid Wardana dari Simpul Chiang Mai, Kak Puguh Novi Arsito dari Simpul Khon Kaen dan Kak Ali Khumaini Mudhar Bintang dari Simpul Prince of Songkla University (PSU). Mereka menjelaskan tentang suasana bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1443 H di kota masing-masing.

“Mahasiswa di sini biasanya mencari takjil atau menu berbuka puasa di daerah halal food seperti Soi-7 atau membawa menu berbuka sendiri ketika di kampus. Suasana lebaran kali ini cukup menarik karena hampir semua masyarakat Indonesia di Bangkok datang ke KBRI”, kata Kak Viny.

Sementara, Kak Khalid menuturkan “Mayoritas masyarakat di Chiang Mai beragama muslim, sehingga para mahasiswa muslim juga dapat melakukan shalat tarawih di masjid dan berkumpul bersama warga. Disini, juga ada ketupat ketika lebaran Idul Fitri”.

Beralih ke Khon Kaen, “Suasana di sini cukup ramai walau terbilang jauh dari Bangkok. Kami mengadakan acara halal bihalal dan mengundang beberapa mahasiswa dari berbagai negara yang berkuliah di KKU untuk mencicipi berbagai makanan khas Indonesia yang dihidangkan di acara tersebut. Hal ini dengan tujuan agar saling bersilaturahim serta mahasiswa asing di Thailand dapat mengenal adat dan budaya lebaran yang biasa diadakan oleh warga Indonesia”, ungkap Kak Puguh.

“Suasana ramadhan dan lebaran di PSU tidak jauh berbeda dengan di Bangkok. Sebagian mahasiswa menikmati ramadhan dengan aktivitas di kampus serta menyiapkan menu berbuka sendiri atau mencari halal food. Sebagian mahasiswa yang ingin menikmati suasana lebaran mengunjungi masjid besar Songkla yang tentunya mengadakan shalat tarawih dan menyediakan beberapa takjil selama bulan Ramadhan”, imbuh Kak Ali.

Hampir semua perwakilan mahasiswa di beberapa region tersebut merasakan senang dapat merayakan Idul Fitri bersama mahasiswa Indonesia dan umat muslim lainnya, dibandingkan dengan tahun lalu yang masih terdampak Covid-19. Acara ini ditutup oleh doa dan foto bersama. Semoga dengan adanya acara ini dapat menambah keakraban dalam menjalin tali silaturahim bagi segenap elemen warga negara Indonesia yang tinggal di Thailand.

Dokumentasi peserta acara Halal Bihalal Permitha bersama KBRI BANGKOK tanggal 14 Mei 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Selain dokumentasi foto bersama para peserta, rekaman video acara Halal Bihalal Permitha bersama KBRI Bangkok ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut https://youtu.be/Hor6aUGh-qQ .

Semoga dengan terlaksananya Halal Bihalal ini dapat lebih mempererat dan menjaga silaturahmi antar mahasiswa Indonesia di setiap simpul universitas di Thailand, serta mengenal keberagaman suasana ramadhan dan lebaran di berbagai provinsi di Thailand.

Penulis: Winartiana
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.