PERMITHA Undang Awardee Beasiswa S1 dalam Scholarship Sharing Session

Poster acara Scholarship Sharing Session #1 : Undergraduate Edition.
(sumber: dokumentasi pribadi)

BANGKOK, thailand.ppi.id – PERMITHA melalui program kerja dari Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) memiliki wadah baru untuk memberikan informasi terkait beasiswa studi di Thailand, yaitu Scholarship Sharing Session melalui Live Instagram @ppi.thailand. Acara ini telah diselenggarakan dengan narasumber Sdr. Akmal Alfarizi B. Eng, alumni jurusan Teknik Lingkungan (Program Internasional) King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT) sekaligus penerima beasiswa KMUTT International Scholarship Program pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Akmal yang baru saja lulus program sarjananya pada tahun 2021 ini membagikan cerita dan proses yang dulu ia lalui saat mendaftar kuliah dan beasiswa di KMUTT serta pengalamannya menempuh Pendidikan di Negeri Gajah Putih. Menurut Akmal, proses pendaftaran kuliah dan beasiswa tidak terlalu rumit, namun sebagai pendaftar, harus aktif menanyakan dan mengkonfirmasi status aplikasi pendaftaran kepada pihak Universitas agar informasi yang didapatkan jelas. Ketika telah menempuh studi pun, mahasiswa diharap mampu memilih lingkungan yang mendukung proses belajarnya. Ada baiknya apabila tidak ada diskriminasi walaupun statusnya adalah mahasiswa asing dan bukan merupakan kelompok mayoritas.

Dokumentasi acara Scholarship Sharing Session #1 :
Undergraduate Edition, tanggal 18 Juni 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Beasiswa yang diterima Akmal sendiri adalah full scholarship yang mana termasuk biaya hidup, asuransi, dan biaya buku tahunan. Sepengalamannya, besaran beasiswa yang diterimanya cukup untuk kehidupan sehari-hari selama menempuh studi dan sudah termasuk biaya leisure time apabila sedang jenuh karena tugas kuliah. Selama studinya, Akmal memiliki pengalaman yang menyenangkan. Beberapa hal yang ia dapatkan bahkan melebihi ekspektasi awal saat berangkat sekolah di Thailand. Oleh karena itu, Akmal merekomendasikan Thailand sebagai salah satu pilihan bagi teman-teman yang berkeinginan kuliah S1 di luar negeri.

Nah, bagi teman-teman yang berminat mengikuti jejak Akmal untuk berkuliah dan mendapatkan beasiswa dari KMUTT Thailand, dapat mengakses laman https://iadmission.kmutt.ac.th/afford/scholarship untuk informasi lebih lanjut.

Rekaman Scholarship Sharing Session #1 ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut https://youtu.be/SBDSqIzQNdw.

Penulis: Shella Syafira Wijayanti
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.