Peringati Hari Sumpah Pemuda, PERMITHA Buka Rangkaian Perlombaan PERMITHA Day 2022

Poster acara PERMITHA Day 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

BANGKOK, thailand.ppi.id – Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dan Departemen Seni, Budaya, dan Olahraga (Senbudga) PPI Thailand (PERMITHA) menyelenggarakan acara kolaborasi PERMITHA Day, yakni serangkaian agenda perlombaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Tema PERMITHA Day 2022 ini adalah “Gema Pemuda di Negeri Seribu Pagoda”, yang bertujuan memberikan ruang sportivitas dan kreativitas yang melibatkan partisipasi seluruh pelajar Indonesia di Thailand dengan rangkaian kegiatan minat dan bakat dalam bidang seni, budaya, olahraga, dan keilmuan.

Pembukaan acara PERMITHA Day 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Agenda besar ini mulai dibuka pada Sabtu (15/10) dengan diawali agenda opening ceremony oleh Ketua Panitia PERMITHA Day 2022 yakni Julfrida Ester Margaretta Nababan, S.T., Azizuddin Muhammad N., S.Si selaku Ketua PERMITHA Periode 2022/2023 serta sambutan dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok yaitu Bapak Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. Kegiatan ini resmi dimulai dengan ditandainya pemukulan gong virtual secara simbolis oleh Bapak Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok.

Serangkaian lomba yang diusung oleh PERMITHA Day tahun ini diantaranya Lomba Presentasi Singkat Ilmiah, Lomba Baca Puisi, Lomba Fotografi, Lomba E-Sport, Lomba Solo Vocal, Lomba Badminton, dan Lomba Tradisional. Ragam lomba ini akan diselenggarakan hybrid, baik melalui daring atau luring agar dapat menjangkau seluruh mahasiswa Indonesia yang studi aktif pada program Doktoral, Magister, Sarjana, dan pelajar Indonesia yang sedang melakukan pertukaran pelajar (exchange) di Thailand.

Agenda opening ceremony ini juga turut dimeriahkan oleh lomba perdana yakni Lomba Presentasi Ilmiah Singkat (PENSIL). Lomba ini diselenggarakan melalui zoom meeting yang dihadiri oleh 4 dewan juri, 17 presenter mahasiswa dari berbagai universitas di Thailand, serta pirsawan yang turut memeriahkan jalannya lomba tersebut.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada era pasca-kemerdekaan ini memang seharusnya diisi dengan perbaikan kualitas para pemuda dengan ilmu sehingga dapat memajukan bangsa dan negara. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memupuk jiwa nasionalisme, mempererat tali silaturahmi serta menghasilkan komunikasi yang baik antar seluruh mahasiswa Indonesia di Thailand.

Dokumentasi acara PERMITHA Day 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Bagi Sobat PERMITHA yang belum berkesempatan hadir di opening ceremony dan Lomba PENSIL dapat melihat keseruannya melalui video rekaman yang telah diunggah di kanal Youtube resmi milik PERMITHA atau melalui tautan berikut https://www.youtube.com/playlist?list=PLG9cPq_pBM1_v7_pDy6KDA8yDQf3Cllhf

Nantikan informasi dan keseruan rangkain lomba PERMITHA Day 2022 lainnya di Instagram @ppi.thailand !

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” – Ir. Soekarno.

Penulis: Bryan Aringga Wibisono
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.