PERMITHA Selenggarakan Podcast Riset Perdana

Poster acara Podcast Riset #1 : Pengantar Metagenomik.
(sumber: dokumentasi pribadi)

BANGKOK, thailand.ppi.id – Podcast riset perdana yang mengusung tema “Pengantar Metagenomik” disampaikan oleh Sdr. Ahmad Nuruddin Khoiri, mahasiswa PhD of Bioinformatics and Systems Biology di KMUTT pada Sabtu, 18 Juni 2022 melalui siaran langsung Instagram (Live IG) @ppi.thailand. Acara ini merupakan suatu inisiasi program kerja dari Departemen Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) PERMITHA untuk memperdalam ilmu riset khususnya di bidang metagenomik.

Metagenomik adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari metagenom, yakni seluruh DNA dari suatu ekosistem secara lengkap baik eukariotik maupun prokariotik. Melalui metagenomik, kita dapat melihat struktur komunitas mikroba dan bagaimana keterkaitannya dengan lingkungan. Penerapan ilmu ini tidak hanya diterapkan di bioteknologi, tetapi juga di berbagai bidang ilmu lainnya seperti pertanian, kesehatan, forensik dan sebagainya.

Sebagai contoh penerapan metagenomik sederhana yakni ketika kita hendak mempelajari bagaimana zat makanan yang kita konsumsi berinteraksi dengan mikrobia alami tubuh. Dengan ilmu metagenomik, kita dapat mengetahui secara detail mikroba yang terlibat dalam proses pencernaan zat makanan, bagaimana proses metabolisme itu terjadi dan enzim yang telibat melalui jalur metabolisme tertentu. Maka, dengan pendalaman ilmu ini kita dapat mengetahui bagaimana zat makanan itu diolah dalam tubuh dan mikrobia alami tubuh hingga menjadi nutrisi yang bermanfaat yang baik untuk tubuh.

Namun dalam pelaksanaannya, ada beberapa kekurangan yang dapat menjadi kendala saat penelitian berlangsung seperti biaya yang cukup besar, waktu yang dibutuhkan lama, penguasaan programming untuk mengolah data, dan device berkapasitas tinggi untuk mendukung proses running database.

Melalui terselanggaranya podcast ini, kami berharap bahwa mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi mengenai disiplin ilmu metagenomik di luar negeri, terkhusus di Thailand mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu metagenomik sehingga dapat digunakan untuk mengeksplorasi potensi mikrobia alami Indonesia agar dapat membawa sejumlah manfaat untuk lingkungan dan makhluk hidup.

Dokumentasi acara Podcast Riset #1 : Pengantar Metagenomik. tanggal 18 Juni 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Rekaman Podcast Riset Perdana ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut https://youtu.be/DNFTLZNuOw4.

Penulis: Nur Fadhilah Syahid
Editor: Maulana Malik Nashrulloh, Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.