PERMITHA DAN ATDIKBUD KBRI BANGKOK MENGADAKAN HALALBIHALAL IDUL FITRI 2020

BANGKOK – Tidak seperti biasanya, acara tahunan halalbihalal idul fitri tahun ini digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Thailand (Permitha) bersama KBRI Bangkok di Thailand berlangsung melalui daring conference by zoom pada tanggal 31 Mei 2020, pukul 20.00-22.00 (Thai time) di Bangkok. Hal ini menjadi menarik perhatian berbagai pihak, pasalnya para mahasiswa yang ingin mengikatkan kembali tali silahturahmi dengan KBRI Bangkok tetap antusias hadir dan mengikuti jalannya konferensi meski di tengah pandemi COVID-19.  Dengan mengusung tema “Merajut Harmoni di masa Pandemi: Sucikan hati Kembali ke Fitri”, acara kali ini dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (ATDIKBUD), Prof.  Dr.  Mustari, M. Pd beserta jajarannya sebagai perwakilan dari KBRI Bangkok. Tak hanya itu, perwakilan Guru-guru dari Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) juga turut hadir pada acara kali, serta pengurus Permitha periode 2020-2021, ketua simpul-simpul universitas, panitia AASIC 2020, ketua komunitas religi-Ngajikhun, dan 43 mahasiswa umum Indonesia yang turut hadir dalam daring online.

Sambutan Prof Mustari dalam acara halalbihalal (Humas/Permitha)

Dalam sambutannya Prof. Mustari mewakili ATDIKBUD, beliau juga mengucapkan selamat idul fitri dan memohon maaf atas kekurangan atau kesalahan disengaja maupun tidak sengaja atas nama seluruh personil ATDIKBUD maupun KBRI Bangkok dalam pelayanannya melindungi warga Indonesia. Kehangatan pesan beliau sangat terasa ketika beliau menekankan kembali makna menjaga harmoni di tengah dinamisme situasi saat ini. Bagian menarik selanjutnya, pada kesempatan kali ini juga diadakan kajian siraman rohani yaitu tausyiah interaktif yang dibawakan oleh Ustadz Ridwan Fauzi, yang juga salah seorang mahasiswa yang sedang menempuh studi PhD Kesehatan masyarakat di Chulalongkorn University, Thailand. Kajian ini juga disambut baik oleh para peserta konferensi yang dimana mengingatkan kita kembali akan pentingnya keberlanjutan dalam beramal soleh, ber-istiqomah, tidak hanya ketika bulan Ramadhan datang, tetapi juga setiap hari.

Peserta daring online halalbihalal (Humas/Permitha)

Dalam sesi diskusi umum, sharing-caring informasi antar narasumber menambah wawasan bagi seluruh peserta konferensi. Pada kesempatan konferensi ini, Prof Mustari dan Ibu Sari mewakili ATDIKBUD KBRI Bangkok, menyampaikan harapannya agar penerbangan regular dari Indonesia dan Thailand bisa dibuka kembali pada Juni mendatang, seluruh mahasiswa Indonesia dalam hal ini dihimbau untuk terus memantau sumber informasi terkait agar seluruh persyaratan dapat dipersiapkan semaksimal mungkin. Bersamaan dengan informasi ini, Prof Mustari mengingatkan mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di universitas di Thailand dapat terus menjaga Kesehatan, beliau juga mendoakan agar mahasiswa Indonesia yang masih belum dapat kembali ke Thailand untuk belajar, dapat segera kembali ke Thailand dan mengikuti pendidikan dengan lebih mudah. Untuk saat ini penerbangan repatriasi masih dimonitor oleh KBRI Bangkok untuk rute Bangkok ke Jakarta melalui penerbangan Garuda Indonesia, berhasil dilakukan sebanyak 3x selama pandemi berlangsung. Beliau membenarkan melalui sumber berita dari manajemen pusat transportasi udara di Bangkok, para penumpang yang diperbolehkan untuk datang berkunjung ke Thailand saat ini hanyalah para penumpang dengan visa pekerja dan wajib membawa health certificate yang menyatakan bebas covid melalui swab test PCR method.

Peserta daring online halalbihalal (Humas/Permitha)

Sharing informasi juga ditambahkan dari pihak panitia AASIC 2020, konferensi internasional yang akan digelar Desember tahun ini direncanakan akan melalui dua metode, yaitu online dan offline. Ketua Ngajikhun juga turut menyampaikan informasi akan pencapaian komunitas Ngaji yang berdonasi secara rutin meski tidak bisa berkumpul dan Ngaji –offline bersama. Atdikbud juga menambahkan, untuk pemakaian masjid pada saat shalat berjamaah, mahasiswa Indonesia bisa mengunjungi Islamic center yang ada di KBRI, karena setiap protokol Kesehatan yang ada dijalankan dengan baik sehingga dapat menampung jamaah di tengah pandemic dengan kapasitas halaman yang luas dan terbuka. Mahasiswa Indonesia di Thailand kiranya dapat patuh mengikuti protocol kesehatan yang ada untuk kebaikan bersama.  

Pada akhirnya, konferensi zoom daring halalbihalal PERMITHA-KBRI BANGKOK di Bangkok ini menjadi momen insightful bagi seluruh peserta konferensi untuk menjalin tali silahturahmi, menyempurnakan niat baik di bulan suci Ramadhan. Pada pukul 22.20 (Thai time), konferensi selesai dengan foto bersama, tepukan meriah dari semua peserta dengan informasi yang bisa dibawa pulang, dan tali sirahturahmi yang kian erat berharmoni. Selamat Idul fitri, minal aidzin wal faidzin, maafkan lahir dan bathin, mari kembali ke fitri (Sumber: Humas Permitha).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *