No Panic Buying, Be a Smart Buyer

Dalam masa pandemi COVID-19 ini asupan gizi menjadi prioritas penting dalam menjaga kekebalan tubuh selama Lockdown maupun PSBB.
Cara paling mudah untuk mempersiapkan makanan yang bergizi adalah berpedoman pada prinsip “Piring Makanku”. Di dalam piring dibagi menjadi dua sisi:
1. Sisi pertama terdiri dari 2/3 berisi sayur dan 1/3 berisi buah.
2. Sisi kedua terdiri dari 2/3 piring berisi sumber karbohidrat (nasi/ubi/kentang/penggantinya) dan 1/3 berisi sumber protein (lauk hewani dan nabati).

Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017

Stock bahan makanan apa saja yang harus kalian persiapkan???

Di bawah ini adalah daftar makanan yang tidak hanya bergizi tetapi juga serbaguna.

Pilihlah bahan makanan bisa dimakan sendiri; dikombinasikan dengan bahan-bahan lain; atau digunakan sebagai dasar untuk beberapa resep masakan.

Cek jumlah stock makanan yang ada dan rencanakan kebutuhan bahan makanan untuk 1-2 minggu.

Bahan pokok

Kamu bisa membeli beras atau opsi sehat lainnya, seperti beras merah, gandum utuh, kacang-kacangan, atau bahan kering lainnya.  

Kacang-kacangan dan polong

Pastikan untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam keranjang belanja Anda di supermarket, karena tidak hanya tahan lama tetapi juga merupakan titik awal yang bagus untuk makanan kaya nutrisi.

“Polong dan kacang-kacangan adalah sumber protein nabati baik untuk di simpan lama,” kata Pike.

Kacang buncis atau lentil misalnya, dapat dicampur dengan salad dan hidangan pasta, atau digunakan dalam sup dan semur.

Gandum, pasta, quinoa dan beras merah

Ini adalah biji-bijian yang kaya nutrisi yang baik untuk disimpan, dan dapat digunakan sebagai lauk atau dicampur dengan protein dan sayuran.

Oatmeal

Anda bisa memasak oat dan menambahkan topping gurih seperti keju parut, tomat kering atau bahkan telur untuk hidangan cepat dan kaya nutrisi.

Sereal

Sereal kering berserat tinggi, berprotein tinggi, seperti sereal protein dengan susu rendah lemak juga bisa berguna sebagai makanan cepat saji. Tapi, penting untuk tetap memperhatikan kandungan gula di dalamnya. Pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi. 

Minyak goreng 

Minyak goreng sebagai bahan masakan utama adalah salah satu hal penting yang harus selalu tersedia. Jika memiliki uang lebih, kamu bisa membeli minyak untuk keperluan memasak berbeda. Misalnya, minyak zaitun untuk celupan atau finishing makanan, minyak netral seperti minyak sayur untuk memasak dan memanggang, dan minyak lainnya sesuai kebutuhan. 

Sayuran dan buah 

Belilah bahan sayuran yang awet seperti bawang putih, bawang merah dan kentang. “Cukup simpan di tempat yang sejuk dan gelap agar mereka awet lebih lama,” kata Music. 

Beberapa sayuran dan buah segar juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama hingga beberapa minggu di kulkas, seperti brokoli, kubis, sayuran berdaun hijau, apel, atau jeruk. 

“Selain bernutrisi, kamu juga bisa menyimpannya selama beberapa minggu,” ujar dia.

Ikan Kalengan

Sumber protein kalengan atau vakum seperti tuna atau salmon juga sangat bergizi, dan dapat meningkatkan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan jantung.

Daging dan Ikan Segar

Jika Anda sudah memiliki ikan dan daging segar, jangan lupa untuk membekukannya.

“Protein hewani seperti makanan laut, unggas, dan daging sapi disimpan dengan baik di dalam freezer, biasanya selama beberapa bulan,” kata Pike.

Bumbu dan pelengkap 

Bumbu atau pelengkap seperti saus sambal atau mustard mungkin kamu perlukan untuk menyantap hidangan. Pilihlah bahan yang tersimpan dalam stoples yang stabil di rak dan di kulkas setelah dibuka.

Buah-buahan Kering Bebas Gula

Buah-buahan kering seperti prem, aprikot, kismis, cranberry, buah ara merupakan sumber zat besi, serat dan antioksidan yang manis. Mereka dapat dikombinasikan dengan kacang – termasuk kacang kenari kaya omega-3  atau almond, kacang mete, pistachio, kacang tanah, atau kacang pecan.

Biji bunga matahari atau biji labu juga merupakan pilihan bergizi yang lezat, dan dapat digunakan untuk campuran makanan.

Cokelat

Anda bahkan dapat menyimpan cokelat, meskipun jenis yang paling sehat adalah cokelat hitam (dark chocolate), yang kaya akan flavanol anti-penuaan.

“Tentu saja boleh memasukkan beberapa makanan yang memanjakan, seperti cokelat atau makanan manis lainnya,” terutama selama masa-masa penuh tekanan, kata Pike. 

Beberapa contoh bahan makanan yang dapat kamu stock sesuai kebutuhan berdasarkan penyimpananya

Penulis: Tim Ekraf Permitha 20/21

Referensi:
1. https://www.liputan6.com/global/read/4205257/alami-lockdown-stok-8-makanan-ini-agar-tetap-sehat
2. lifestyle.kompas.com/read/2020/03/18/171400020/tak-perlu-panic-buying-ini-daftar-stok-makanan-yang-diperlukan?page=all
3. https://jpg-indonesia.net/2020/04/bagaimana-makan-yang-baik-untuk-mencegah-infeksi-virus-covid-19/
4. https://nomoneynotime.com.au/hacks-myths-faqs/pantry-fridge-and-freezer-staples

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *