PERMITHA Mengundang Awardee Beasiswa di Thailand Selatan dalam Scholarship Sharing Session #2

Poster acara Scholarship Sharing Session #2 : Postgraduate Edition.
(sumber: dokumentasi pribadi)

BANGKOK, thailand.ppi.id – PERMITHA melalui program kerja dari Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) kembali mengadakan acara Scholarship Sharing Session episode kedua. Melalui tayangan Live Instagram pada 25 September 2022, Divisi Advokesma mengundang Muhammad Faisal, S.Si., M.Sc., mahasiswa S3 jurusan Biomedical Science Prince of Songkla University (PSU) sekaligus penerima Reinventing Research University Scholarship.

Muhammad Faisal yang baru memulai tahun pertama studi doktornya ini membagikan cerita dan proses yang dilalui saat ia mendaftar kuliah dengan beasiswa di PSU. Tak luput, beliau juga menyampaikan pengalamannya selama menempuh pendidikan di Negeri Gajah Putih. Faisal memiliki pengalaman studi di Thailand yang terbilang cukup karena sebelumnya ia pernah studi S2 di PSU pada jurusan yang sama. Menurut mahasiswa yang sedang menempuh S3-nya ini, proses pendaftaran studi doktor di PSU harus disiapkan sematang mungkin. Pengalaman kerja dan penelitian merupakan dua hal yang harus lebih diperhatikan saat mendaftar. Faisal juga memberikan tips agar sebelum mendaftar, hendaknya mengenali potensi diri dan tujuan baik saat maupun setelah studi agar memudahkan langkah dalam mencari dosen pembimbing yang sesuai dengan tema penelitian.

Dokumentasi acara Scholarship Sharing Session #2 :
Postgraduate Edition, tanggal 25 September 2022.
(sumber: dokumentasi pribadi)

Beasiswa yang diterima Faisal sendiri adalah full scholarship yang mencakup living allowance, biaya visa, dan kebutuhan lainnya selama studi dan tinggal di Thailand. Letak PSU yang berada di Thailand bagian selatan tepatnya di Kota Hat Yai, memiliki panorama alam yang indah serta penduduk yang ramah. Hal ini memudahkan Faisal dalam menyesuaikan diri ketika menginjakkan kaki di Thailand.

Agar memiliki gambaran yang jelas mengenai sistem perkuliahan di Thailand terutama PSU, Faisal menyarankan teman-teman untuk mencari tahu pengalaman mahasiswa Indonesia yang terlebih dahulu menempuh studi. Mahasiswa Indonesia di PSU (PERMITHA Simpul PSU) juga memiliki Instagram yang cukup aktif melalui akun @permitha.psu. Adapun informasi detail terkait beasiswa di PSU, teman-teman dapat menghubungi fakultas atau program studi sesuai minat studi yang ingin ditekuni.

Rekaman Scholarship Sharing Session #2 ini juga dapat ditonton ulang pada kanal Youtube PERMITHA – PPI Thailand Official atau melalui tautan berikut https://youtu.be/SBDSqIzQNdw.

Penulis: Shella Syafira Wijayanti
Editor: Nita Sari Suryani
Penanggung Jawab Konten: Dini Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.