HALAL BIHALAL bersama Permitha dan KBRI Bangkok (Memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442H)

Dokumentasi HALAL BIHALAL bersama Permitha dan KBRI Bangkok
(Memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442H)

(Sabtu, 22 Mei 2021), Acara Halal Bihalal dengan tema “Meningkatkan Ibadah Pasca Ramadhan dan Menjalin Silaturahmi di Masa Pandemi” bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, bercerita, dan berbagi informasi bersama segenap teman-teman mahasiswa Indonesia dan masyarakat Indonesia di Thailand.

Acara ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan dihadiri oleh Staf Atikbud KBRI Bangkok, para Ketua Simpul dari berbagai daerah di Thailand, Demisioner Presiden Permitha 2020-2021, Ketua Ngajikhun, dan juga Mahasiwa Indonesia yang ada di Thailand. Acara ini dibuka oleh moderator yaitu saudari Iffadhiya Fathin Adiba kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh saudara Mahmud Isnan.

Dalam kesempatan ini, Bapak Ir. Achmad Wicaksono sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Kerajaan Thailand mengucapkan terimakasih kepada Permitha yang telah menginisiasi acara Halal Bihalal virtual ini dan mengucapkan Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin, selamat hari raya Idul Fitri 1442H.

Beliau menyampaikan bahwa momen ini merupakan momen yang tepat dikarenakan bertepatan dengan hari kebangkitan nasional atau yang dikenal dengan perjuangan Budi Utomo sehingga dapat meningkatkan semangat para mahasiswa penerus perjuangan pahlawan kemerdekaan bangsa untuk terus berkarya dan membawa nama baik Indonesia.

Selanjutnya, ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1442H juga disampaikan oleh Ibu Nur Rokhmah Hidayah sebagai Koordinator Fungsi Pensosbud, Bapak Max sebagai perwakilan Atase Riset juga menghimbau untuk meningkatkan protokol kesehatan di masa pandemi ini karena munculnya virus covid-19 varian baru di Thailand, Ibu Dewi Lestari sebagai Koordinator Fungsi Protkons, Bapak Anang Surdwiyono sebagai perwakilan Atase Udara Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) Bangkok, Bapak Leo Andi Gunawan sebagai perwakilan Atase POLRI, dan Bapak Bambang Irawan mewakili staf Asathan.

Kemudian Presiden Permitha yaitu saudara Syahril Rahmat juga turut mengucapkan terima kasih atas hadirnya perwakilan KBRI Bangkok dari Atdikbud, Fungsi dan Atase KBRI Bangkok. Beliau juga menyampaikan mohon maaf lahir dan batin serta menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan kepengurusan Permitha 2021/2022. Acara ini juga merupakan momentum yang tepat untuk Indonesia Emas sehingga kita sebagai generasi muda dapat melanjutkan tongkat estafet perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia di masa lampau.

Acara ini dilanjutkan dengan acara inti yaitu Tausiyah dari Bapak Al-Ustadz Mohammad Nur Salim dengan tema “Cara Meningkatkan Ibadah Pasca Ramadhan”. Ada tiga step yg harus dilakukan untuk meningkatkan ibadah pasca Ramadhan yaitu Tataran Paradigma atau filosofi kita, Tataran Teoritis dan Tataran Praktis.

Dalam tataran paradigma atau filosofi, dapat dilakukan dengan cara menemukan jati diri kita untuk memaksimalkan apa yang kita lakukan. “Barang siapa yang mengetahui jati dirinya, maka Ia akan mengenal Tuhannya”. Punyalah filosofi dimana akhirat adalah tujuan akhir dan kita dari Allah dan akan kembali ke Allah, sehingga dapat meluruskan kehidupan dan memotivasi kita untuk menemukan jati diri dan terus beribadah kepada Allah SWT. Sedangkan pada tataran teoritis, dengan menerapkan kaidah “hasanatul Abrar sayyi’atul muqarrabin”, mempunyai sifat Khauf dan Raja’ yaitu rasa takut kepada Allah dan tetap mengharapkan untuk selalu dirahmati Allah SWT, sehingga ini dapat dijadikan refleksi untuk tetap meningkatkan ibadah kepada Allah SWT setiap saat tidak hanya di bulan Ramadhan. Selain itu, dengan menemukan jangkar-jangkar kehidupan kita, artinya adalah menemukan puncak ibadah kita di saat kapan misalnya puncak titik spritual adalah dalam bulan Ramadhan. Maka dengan demikian, di saat Iman kita lemah maka ingatlah jangkar ibadah kita sehingga semangat dalam beribadah muncul kembali. Yang terakhir yaitu menerapkan rasa Ikhlas dalam beribadah. Sehingga amalan yang sedikitpun tetap bernilai di mata Allah SWT dan diterima oleh Allah SWT. Lalu pada tataran praktis untuk meningkatkan amalan ibadah pasca Ramadhan, caranya dengan mencari momentum yang tepat untuk meningkatkan ibadah kita seperti sholat sunnah, berzikir, dan amalan ibadah lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya Jawab dengan Bapak Al-Ustadz dan juga Sharing antar KBRI dan Mahasiswa oleh Presiden Permitha yaitu saudara Syahril Rahmat. Beliau menyampaikan terkait jumlah mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand dan juga menyampaikan kegiatan Permitha yang akan datang yaitu AASIC dan Permitha Cup. Selain itu disampaikan juga informasi terkait vaksinasi dari setiap perwakilan mahasiwa Indonesia yang ada di beberapa universitas di Thailand.

Acara ini ditutup dengan Do’a dan foto bersama staff KBRI Bangkok dan mahasiswa Indonesia yang hadir dalam acara Halal BIhalal ini.

Kolaborasi Permitha 2021-2022, HALAL BIHALAL bersama Permitha dan KBRI Bangkok, PPI Thailand, PPI Dunia, Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *